Workshop Enterprise Risk Management 3 Hari Pada PT Pertamina Hulu Energi WMO

| March 19, 2014 | 0 Comments

wmo1

Pada tanggal 4 – 6 Desember 2013, bertempat di Ballroom Hotel Hyatt, Bandung, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) didampingi oleh Konsulan, Tedy Fardiansyah & Tim konsultan melaksanakan kegiatan Workshop Enterprise Risk Management 3 (tiga) hari untuk seluruh Fungsi Bisnis PHE WMO dan POD Eksplorasi, Integrasi, 38B, Existing. PHE WMO merupakan salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang didirikan dengan tujuan sebagai operator atas West Madura Production Sharing Contract (PSC). PHE WMO berfokus pada bidang ekplorasi dan eksploitasi minyak dan gas.

Kegiatan ini merupakan sebagai salah satu wujud dari komitmen PHE – WMO terhadap usaha penerapan Risk Based Budgeting dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2014 sesuai dengan Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor Per-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011.

wmo2

Tim Konsultan memfasilitasi kegiatan Workshop Enterprise Risk Management dalam bentuk penyampaian materi dan mini workshop selama 3 (tiga) hari untuk seluruh Fungsi Bisnis PHE WMO dan POD Eksplorasi, Integrasi, 38B, Existing seperti penyajian dan penyegaran konsep teori Manajemen Risiko, best practice yang digunakan dalam penerapan Manajemen Risiko, diskusi interaktif antara fasilitator dan peserta, penyusunan Risk Register untuk masing-masing Fungsi Bisnis PHE WMO dan POD Eksplorasi, Integrasi, 38B, Existing yang meliputi penentuan sasaran, deskripsi risiko, penyebab risiko, indikator risiko, deskripsi dampak, baik kualitatif dan kuantitatif, pemilik risiko, faktor positif (internal control) yang telah ada, rencana mitigasi dan Presentasi hasil (challenge session) yang dilakukan secara bersama oleh seluruh peserta yang difasilitasi oleh Tim Konsultan.

wmo3

Tujuan kegiatan Workshop Enterprise Risk Management 3 (tiga) hari untuk seluruh Fungsi Bisnis PHE WMO dan POD Eksplorasi, Integrasi, 38B, Existing ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Awareness semua karyawan PHE WMO terhadap pentingnya manajemen risiko.
  2. Meningkatkan pemahaman bersama bahwa manajemen risiko adalah tanggungjawab manajemen dan setiap karyawan PHE WMO.
  3. Manajemen dan Karyawan dari PHE WMO dapat memahami sepenuhnya proses penerapan manajemen risiko berbasis ISO 31000.
  4. Adanya kesamaan persepsi antara karyawan PHE WMO dan manajemen penerapan manajemen risiko untuk pencapaian sasaran perusahaan.
  5. Manajemen dan Karyawan  Perusahaan mampu melakukan identifikasi dan analisis risiko pada masing –masing fungsi kantor pusat dan proyek.
  6. Manajemen Perusahaan mampu melakukan proses pemantauan risiko dalam bentuk pembaruan risk register secara periodik.

Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan awareness akan Manajemen Risiko serta mampu menyusun Risk Register secara tepat berdasarkan pencapaian Target masing – masing Fungsi Bisnis PHE WMO dan POD Eksplorasi, Integrasi, 38B, Existing.

Tags: , ,

Category: News

About the Author ()

Konsultan, Praktisi dan Pengamat Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *