Pelatihan Enterprise Risk Management (ERM) Dan Ujian Sertifikasi Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000 PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)

| August 31, 2017 | 0 Comments

RNI 1

IRBA – PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menunjuk IRBA Indonesia Pratama untuk mengadakan Pelatihan Enterprise Risk Management (ERM) dan Ujian Sertifikasi Manajemen Risiko berbasis ISO 31000.  Sebagai perusahaan BUMN yang memproduksi dan memasarkan produk agro industri, farmasi serta alat kesehatan, PT RNI (Persero) selalu mengedepankan aspek mutu, yang berdampak pada kepuasan pelanggan dan masyarakat melalui produk dan pelayanan yang berkualitas. Tak hanya itu, keselamatan dan kesehatan kerja serta pelestarian lingkungan hidup juga merupakan hal yang utama. Dengan demikian PT RNI (Persero) berinisiatif membekali wawasan mengenai manajemen risiko kepada setiap fungsi agar dapat menganalisa risiko-risiko yang berpotensi merugikan perusahaan.

Pelatihan Enterprise Risk Management (ERM) PT RNI (Persero) diadakan pada tanggal 30 Mei s/d 3 Juni 2016, bertempat di Kantor Pusat Rajawali Nusantara Indonesia, Ruang Auditorium Lantai 6. Pelatihan yang diadakan selama lima hari tersebut dihadiri oleh 26 peserta dari anak perusahaan dan fungsi yang berbeda-beda.

Pelatihan ERM diawali dengan Pre-Test guna mengetahui tingkat pengetahuan peserta mengenai Manajemen Risiko. Memasuki sesi penyampaian materi, Ir. Tedy Fardiansyah, Senior Manajemen Risiko IRBA Group Indonesia, memberikan materi berupa pengetahuan dan wawasan mengenai penerapan manajemen risiko. Pembekalan materi diawali dengan penyampaian konsep dasar Manajemen Risiko. Peserta diberikan pemahaman mengenai arti pentingnya risiko, perbedaan risiko dengan masalah yang dihadapi dan tujuan Manajemen Risiko.

RNI 2

“Untuk mengimplementasikan Manajemen Risiko, peserta wajb memahami tiga pilar utama dalam ISO 31000 yaitu Prinsip, Framework dan Proses Manajemen Risiko, agar dapat menjadi dasar yang kuat dalam membangun budaya penerapan manajemen risiko di perusahaan” jelas Tedy.

Penjelasan materi peserta disampaikan dengan sangat mendalam. Dimulai dari bagaimana cara menyusun Risk Register sampai dengan bagaimana peserta dapat melakukan updating Risk Register yang berguna sebagai rekomendasi dalam penyusunan RKAP PT RNI (Persero).

Untuk mengetahui seberapa besar pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan, maka di hari terakhir pelatihan, peserta melaksanakan post-test. Hasilnya memperlihatkan bahwa peserta lebih memahami Manajemen Risiko dibandingkan sebelumnya.

Tak hanya materi yang diberikan, masing-masing peserta didampingi langsung oleh para konsultan professional sebagai persiapan untuk mengikuti ujian Sertifikasi Manajemen Risiko (Certified Risk Professional).

Category: News

About the Author ()

Konsultan, Praktisi dan Pengamat Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *