Enterprise Risk Management Training for CRP Certification – Jakarta

| August 31, 2017 | 0 Comments

IRBA – IRBA Group Indonesia bekerja sama dengan Kontan Academy untuk menyelenggarakan public training Enterprise Risk Management (ERM) dan sertifikasi CRP (Certified Risk Professional) pada tanggal 5-7 Oktober 2016 di hotel Santika Slipi Jakarta. Peserta yang hadir terdiri dari berbagai perusahaan swasta dan industri di Indonesia. Pembekalan materi ERM dilaksanakan pada hari pertama dan kedua. Sertifikasi CRP dilakukan pada hari ketiga.

Ir. Tedy Fardiansyah MM selaku ahli Manajemen Risiko berperan sebagai instruktur dalam pelatihan ini. Pada kegiatan ini peserta diberikan pemahaman Manajemen Risiko berdasarkan ISO 31000. Di sesi awal Tedy menjelaskan konsep dasar risiko. Ia mengatakan bahwa, “Risiko berarti potensi kejadian yang dapat terjadi di masa mendatang. Risiko bukan istilah yang asing bagi manusia karena dalam kegiatan sehari-hari selalu ada risiko yang dapat berdampak negatif dan tanpa disadari secara naluriah manusia sudah melakukan usaha untuk mengantisipasi risiko tersebut terjadi”. Ia menekankan, “Manajemen Risiko di perusahaan merupakan upaya untuk mendokumentasikan risiko di perusahaan secara lebih terstruktur dan sistematis.”

Tedy menyampaikan pula bahwa dalam mengelola risiko di perusahaan setiap individu mulai dari level pimpinan sampai dengan working level perlu dilibatkan karena pada prinsipnya semua divisi memiliki peran yang sama penting dan merupakan satu kesatuan dalam perusahaan. Suatu risiko bisa jadi berdampak kepada beberapa divisi, maka dari itu dibutuhkan sinergi dan komunikasi antar fungsi yang baik agar dapat dilakukan antisipasi/ penanganan yang tepat terhadap risiko tersebut.

Dalam pelatihan ini, peserta mengakui pandangan terhadap istilah “RISIKO” menjadi lebih terbuka dan dapat diterapkan di perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Salah satu peserta yang berasal dari perusahaan sektor kelautan mengatakan bahwa, “Mempelajari Manajemen Risiko membuat seseorang dapat memprediksi kejadian-kejadian negatif yang dapat mempengaruhi tujuan perusahaan di masa depan. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan”.

Category: News

About the Author ()

Konsultan, Praktisi dan Pengamat Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *