Workshop Enterprise Risk Management & Certification for Executive PT Pegadaian (Persero)

| August 31, 2017 | 0 Comments

peg1

IRBA – PT IRBA Indonesia Pratama memberikan pelatihan Manajemen Risiko berbasis ISO 31000 kepada PT Pegadaian (persero) pada tanggal 24-27 Agustus 2016. Kegiatan berjudul “Workshop Enterprise Risk Management and Certification PT Pegadaian (Persero) Batch I” ini diadakan di Hotel Sheraton Bandung ini diikuti oleh 17 peserta dengan level Jeneral Manajer dan Pimpinan Wilayah dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kegiatan dilakukan selama 3 hari. Pada hari pertama dan kedua peserta dibekali dengan materi Manajemen Risiko oleh Ir. Tedy Fardiansyah M.M, ahli Manajemen Risiko yang sudah berpengalaman belasan tahun di berbagai industri di Indonesia. Di hari ketiga, peserta mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikasi Certified Risk Professional yang diakui oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Pelatihan ini dibuka oleh Bapak Eri Mardianto yang menjabat sebagai General Manager Risk Management & Compliance di PT Pegadaian (persero). Beliau menyampaikan bahwa penerapan Manajemen risiko secara menyeluruh di perusahaan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menghadapi ketidakpastian yang dapat terjadi di masa depan. Maka dari itu, PT Pegadaian (persero) berkomitmen memberikan pelatihan Manajemen Risiko di berbagai level agar seluruh karyawan perusahaan menyadari pentingnya dan memiliki kapabilitas dalam mengelola risiko.

Di hari pertama, diberikan pemahaman dasar mengenai risiko. Bapak Tedy menekankan risiko adalah POTENSI kejadian yang dapat terjadi di masa mendatang, bukan masalah yang sudah/ sedang terjadi di lapangan. Perusahaan diharapkan dapat mengantisipasi kejadian tersebut terjadi. Ia menambahkan, semua pihak yang terkait harus mengetahui risiko yang ada agar dapat diambil langkah yang tepat untuk mencegahnya.

Di hari yang sama pula peserta dibimbing untuk mengidentifikasi risiko, cara menentukan probabilitas dan dampak risiko kemudian menyusun rencana penanganan yang akan dilakukan. Proses tersebut dilakukan dengan mengisi risk register yang telah disiapkan.

Pada hari kedua, peserta dibimbing untuk menghadapi ujian yang akan dilakukan di hari ketiga. Bapak Tedy bersama tim IRBA Group Indonesia mendampingi peserta dalam mengisi risk register dan membuat presentasi ujian. Untuk mengetahui pemahaman sebelum dan sesudah pelatihan, diadakan pre-test dan post-test. Pre-test dilaksanakan sebelum peserta diberi materi sedangkan post-test dilakukan di hari kedua.

peg2

Sebagai tindak lanjut dari IRBA Group Indonesia untuk mendukung komitmen PT Pegadaian (Persero) dalam mengembangkan Enterprise Risk Management di Perusahaan, diadakan kembali mengadakan “Workshop Enterprise Risk Management and Certification” Batch II pada tanggal 28 September s.d 1 Oktober 2016.

Ir. Tedy Fardiansyah M.M sebagai instruktur utama dalam pelatihan ini memberikan pengetahuan Manajemen Risiko berdasarkan ISO 31000. Di dalam kegiatan tersebut, Tedy menyampaikan bahwa, “Agar aktivitas Manajemen Risiko dapat berjalan dengan lancar di perusahaan, pimpinan perusahaan perlu membuat kerangka acuan sebagai pedoman yang digunakan karyawan pada saat mengimplementasikan manajemen risiko di lapangan. Perlu pula ditunjuk PIC atau orang yang bertanggung jawab untuk mengelola risiko di divisi masing-masing”.

Tedy menambahkan, “Manajemen Risiko yang diterapkan di perusahaan harus memberikan nilai positif yang dapat dirasakan karyawan. Risk register (daftar risiko) yang telah dibuat tidak akan bermanfaat bila risiko di lapangan tidak dimonitoring”.

Konsep dasar manajemen risiko berupa Prinsip Manajemen Risiko, Kerangka Kerja Manajemen Risiko dan Proses Manajemen risiko dipadukan dengan pengalaman Tedy dalam mengembangkan Manajemen Risiko di berbagai perusahaan dengan latar industri yang berbeda-beda sehingga terlihat antusiasme peserta  dan terjadi interaksi dan diskusi yang menarik dalam ruangan.

Dari workshop ini, peserta memahami bahwa penerapan Manajemen Risiko yang baik dapat menjadi pengawal dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Komitmen dan arahan yang jelas dari pimpinan akan menjadi senjata yang ampuh agar seluruh karyawan memiliki kesadaran untuk mengelola risiko masing-masing.

Category: News

About the Author ()

Konsultan, Praktisi dan Pengamat Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *